Kampung Bahasa Arab Buka Peluang Beasiswa Timur Tengah dan Arab Saudi, Ini infonya

Bandarlampung(SB) – Walaupun paling muda usianya dan tertundanya kegiatan setelah launching selama 1,5 tahun akibat pandemi, saat ini Kegiatan merintis kampung Bahasa Arab Al Qur’an telah kembali berjalan.

 

Dalam pernyataannya, Ustadz Hendi Susanto selaku ketua panitia kampung bahasa Arab Alquran lampung mengatakan, Dengan geliat kegiatan KBAA yang semakin padat hal ini patut disyukuri, saat ini masyarakat dan pengamat mempercayakan serta merekomendasikan Kampung Bahasa Arab Al-Qur’an menjadi rujukan tempat belajar Bahasa Arab Internasional Sekaligus Bahasa Kitab Suci Al Qur’an di Rajabasa Raya Bandar Lampung yang menduduki posisi ketiga se-Indonesia.

 

Diawal perintisanya, kampung bahasa Arab Alquran Rajabasa Raya Bandar lampung juga telah menjalin kerjasama dengan dengan PPTQ bersanad Miftahul Jannah Rajabasa Raya Bandarlampung dan Ma’had Tahfidzul Qur’an Alfatah Bangunrejo Lampung Tengah.

 

Selain fokus mensyiarkan Bahasa Arab, KBAA Lampung juga menyajikan beberapa cabang mata study, selain karena kebutuhan juga karena banyaknya permintaan dari para peserta belajar. Diantara mata study yang tersedia adalah BHS Arab, Tahfidzul dan Tahsinul Qur’an, BHS Inggris, Matematika dan pendalaman ‘Ulumud Diniyah praktis.

Bahkan di Indonesia terdapat beberapa kawasan yang disebut sebagai Kampung Arab. Usut punya usut, julukan tersebut diberikan lantaran daerah tersebut merupakan kawasan belajar bahasa Arab.Dimana saja kah Kampung Arab itu? Berikut ini telah saya rangkum dalam artikel berikut:

1. Kampung Arab Al Azhar – Pare Kediri, berdiri tahun 2013

2. Kampung Arab Bisa – Bogor, Jawa Barat, berdiri awal tahun 2019

3. Kampung Bahasa Arab Al-Qur’an – Rajabasa Raya Bandarlampung, berdiri bulan September 2019

4. Kampung Arab Muhammadiyah – Batam, Kepulauan Riau.

 

Ustadz Afdhol selaku trainer di KBAA mengatakan “Semoga visi misi mulia tahun 2025 untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Internasional di Indonesia bisa setara dengan bahasa Inggris bisa terwujud dan mendapat ridho rahmat dari Allah SWT dengan semakin memberikan multi manfaat bagi masyarakat, Aamiin”, ucapnya.

 

Kali ini pihaknya menghelat program weekend i’tikaf setiap hari Jumat dan Sabtu serta seminar motivasi Meraih Peluang Beasiswa Kuliah di Timur Tengah dan Arab Saudi pada 7 Desember 2021 mendatang di Aula Pertemuan Lantai 2 PPTQ Bersanad Miftahul Jannah.

 

“Program ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi umroh haji gratis tanpa antre bagi para peserta didik, pemuda generasi penerus bangsa Indonesia yang ingin melanjutkan studi kuliah di luar negeri khususnya Timur Tengah dan Arab Saudi,” katanya, Minggu, 28 November 2021.

 

Ia mengatakan masyarakat Indonesia mengetahui bahwa antrean haji saat ini semakin lama hingga dua puluh tahun yang akan datang. Maka diharapkan kuliah di Timur Tengah dan Arab Saudi bisa menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang ingin segera ke Tanah Suci, khususnya para generasi muda yang masih bersemangat melanjutkan sekolah atau kuliahnya.

 

“Kita harus terus mendukung dalam menuntut ilmu. Pada kegiatan seminar juga akan menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan alumni universitas di Timur Tengah dan Arab Saudi,” jelasnya.

 

Selain seminar, pada liburan akhir tahun kali ini pihaknya juga membuka pesantren kilat bagi masyarakat umum, anak-anak sekolah maupun mahasiswa agar dapat mengisi kegiatan positif selama liburan. Para peserta akan dibekali ketrampilan berbahasa Arab Internasional maupun peningkatan kemampuan membaca dan menghafal kitab suci Al Qur’an.

 

“Agenda ini merupakan tindaklanjut dari Program Lampung Mengaji yang telah di luncurkan oleh Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung pada tahun 2019 lalu, sebelum adanya wabah pandemi,” katanya.

 

Informasi lebih lengkap program Akhir Tahun dalam bentuk kegiatan belajar dan praktek bahasa Arab melalui weekend I’tikaf, study wisata religi praktek di ponpes ternama dan di tanah suci tahun 2022 nanti serta pesantren kilat liburan sekolah dan beberapa pelombaan dapat menghubungi:

085379940202

08961173 0025

085369840785

089665200077

(Re/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

13 views