Kades Cilimus Tak Terbuka Dengan TPK dan BPD, Anggaran Pembuatan Balai Desa Rawan Diselewengkan

PESAWARAN,SB – Untuk memaksimalkan Semua proyek pembangunan yang ada di desa sehingga benar- benar berjalan sesuai dengan juknis penggunaan dana desa sebagaimana yang diharapkan, maka ditingkat desa dibentuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) melalui hasil musyawarah desa.

Namun, Selain tidak memiliki papan plang proyek, Adanya indikasi penyelewengan Dana Desa di Desa Cilimus kembali menguap dengan adanya keterangan dari TPK dan BPD Desa Cilimus yang mengaku tidak tahu menahu soal pagu anggaran Pembuatan Balai Desa yang menggunakan Anggaran Dana Desa Tahun 2019.

Sehingga dengan hal ini, membuat tugas TPK tidak bisa secara maksimal dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana salah satu fungsi keberadaannya yaitu menyelenggarakan dan melaporkan pertanggungjawaban seluruh penggunaan dana dan hasil akhir pelaksanaan kegiatan melalui pertemuan musyawarah desa.

Hal tersebut dikuatkan dengan pernyataan langsung tim pengelola kegiatan (TPK) Desa Cilimus, Waluyo Sagito kepada Awak media yang mengatakan bahwa dirinya tidak dilibatkan secara keseluruhan disemua proyek pembangunan yang ada di desa, seperti Pembangunan Balai Desa Cilimus berapa anggarannya tidak diketahui dan terkesan dirahasiakan oleh Kepala Desa. Senin (26/08/2019).

“Saya sebagai TPK desa tidak dilibatkan secara keseluruhan terhadap item-item pembangunan yang ada di desa, saya disini cuma pelaksana dilapangan saja, tetapi berapa Nilai Pagu Anggaran pembuatan balai desa ini saya tidak tahu, Pak Kades tidak mau terbuka dengan saya,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Eli, BPD Desa Cilimus yang mengatakan tidak tahu tentang Anggaran Pembuatan Balai Desa.

“Saya juga tidak tahu di APBDes berapa rincian Anggarannya, Pak Kades tidak memberitahu saya,” ungkapnya.

Sementara Kades Cilimus, Ahmad Yani saat hendak dikonfirmasi dikediamannya tidak ada ditempat, dihubungi via telepon pun tidak diangkat. (Suprihadi)

Related Posts

About The Author

Add Comment

756 views