Ingin Minuman Menyehatkan, Kunjungi Kedai Dugan Bakar Tugu Pengantin Gedong Tataan

PESAWARAN (SB) – Dugan identik dengan minuman olahan dingin yang menyegarkan, tapi bagaimana jika dugan dibakar, ini dia sensasi minuman Raja-raja Aceh jaman dulu yang rasanya bikin kamu ketagihan

Ahsin, Seorang pemilik kedai kelapa muda bakar, mengatakan Dugan bakar merupakan minuman Raja-raja Aceh jaman dulu ketika hendak berangkat perang agar tubuh menjadi bugar, terdapat macam-macam rempah yang ditaburkan ke dalam kelapa sesaat sudah di bakar. Menurutnya rempah-rempah itu membantu memberikan khasiat dalam memperlancar aliran darah di dalam tubuh, Jum’at (07/05/2021).

“Gulanya harus gula aren, madu dan susu ditambah rempah-rempah seperti sereh, jahe, kapulaga, kayu manis dan rempah-rempah rahasia lainnya dan ini ramuannya dimasukkan semua biar larut ke air dugannya,” jelasnya.

Jika anda berkunjung ke Tugu Pengantin Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran sudah seharusnya anda mencicipi minuman unik yakni Dugan Bakar.

Seperti namanya, proses pengolahan dugan ini dibakar dengan waktu kurang lebih 2-3 Jam.

“Memang agak lama dibakarnya, karena kalo kurang dari 2 jam gak jadi dugan bakarnya. Jadi harus sabar nunggunya,” ungkap Syafiq yang merupakan Tukang racik ramuan Dugan Bakar kepada SaungBerita.com.

Jika ingin mencicipi dugan bakar yang berlokasi di Kawasan Tugu Pengantin Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran ini rasa yang dihasilkan mengingatkan kita saat meminum wedang jahe namun tetap didominasi rasa air dugan yang segar. Beberapa pengunjung yang datang mengaku dugan bakar baik untuk pengobatan.

“Rasanya ya segar dan hangat di tubuh, biasanya ini buat mengobati penyakit ginjal,” ungkap Salah satu pelanggan saat berkunjung Dugan Bakar.

Harga dari menu Dugan Bakar ini cukup terjangkau, dengan membayar Rp 15ribu anda sudah dapat menikmati dugan yang hangat dan menyegarkan. (Re/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

84 views