Hadiri Musrenbang Lampura, Wagub Soroti Perbaikan Birokrasi

BANDARLAMPUNG(SB) – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengajak masyarakat Lampung Utara bangkit membangun daerah, tak terkecuali unsur birokrasi diharapkan agar proaktif mengamplikasikan kemampuannya di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wagub Nunik saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 Kabupaten Lampung Utara, di Aula Tapis Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, Kamis (12/3/2020).

Wagub Nunik meminta semua pihak melakukan pemetaan terhadap birokrasi. Bagi yang memiliki kemampuan pada bidangnya dapat diaplikasikan di masyarakat.

“Bersama-sama mari kita upayakan jika ada birokrasi kita yang mempunyai kemampuan, kita bisa membuat kegiatan pelatihan-pelatihan yang berasal dari birokrasi dengan sederhana,” ujarnya.

Nunik juga menyoroti birokrasi di Kabupaten Lampung Utara harus lebih proaktif dan lebih sering turun ke lapangan untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Birokrasi kita harus turun semuanya, birokrasi kita jangan hanya lakukan rutinitas seperti absen saja, harus turun kelapangan. Kepala Dinasnya harus turun ke Pemerintah Pusat dan Provinsi, turun ke masyarakat, ajak masyarakat kita agar pintar,” kata Nunik.

Nunik juga miminta agar Pemerintah Kabupaten Lampung Utara bersama masyarakat untuk tetap optimistis dan kompak dalam membangun daerahnya.

“Lampung Utara siap bangkit? Kita harus bergotong royong membangun Lampung Utara ini, kalau bukan kita, siapa lagi,” ujar Wagub Nunik.

Wagub minta masyarakat Lampura tidak patah semangat. “Tetap optimistis Lampung Utara harus bangkit dan kuncinya adalah kekompakan,” katanya.

Pada bagian lain, Nunik menyebutkan Pemerintah Provinsi Lampung juga siap bersinergi dan siap menggandeng Lampung Utara untuk mencari program ke Pemerintah Pusat.

“Seperti ikut untuk penanganan pelatihan produktifitas masyarakat di Kementerian Tenaga Kerja karena ini menjadi kunci untuk peningkatan nilai tambah,” katanya.

Nunik mendorong agar SDM di Kabupaten Lampung Utara juga memiliki kreatifitas dan mau berusaha untuk terus bangkit. “Kita harus banyak bekerja, loncat untuk mengejar ketertinggalan kita. Saya ingin kita membuka diri dan membuka wawasan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengapresiasi kehadiran Wagub Nunik sebagai langkah menambah motivasi dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.

“Terimakasih atas kehadiran Ibu Wakil Gubernur, sehingga Musrenbang ini dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Lampung Utara,” ujar Budi.

Budi menjelaskan melalui pelaksanaan Musrenbang ini dapat menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder dalam menempatkan program kegiatan serta membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, transparan dan akuntabel.

“Yang pada akhirnya akan menghasilkan RKPD Kabupaten Lampung Utara yang dapat menjawab permasalahan yang ada dan menyentuh segenap kepentingan masyarakat terutama dalam penguatan dan peningkatan kualitas SDM yang berkelanjutan menuju daya saing dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.(rls)

Related Posts

About The Author

Add Comment

4 views