Daerah  

Guna Meningkatkan Peran dan Fungsi, Karang Taruna Provinsi Lampung Gelar Rakor

 

Lamtim(SB) – Karang Taruna Provinsi Lampung, menggelar Rapat Koordinasi yang diikuti seluruh ketua karang taruna se-kabupaten/kota, guna mengoptimalisasi peran dan fungsi Karang Taruna, dalam usaha kesejahteraan sosial, pengembangan jaringan kerja dan kemitraan antar Karang Taruna, dengan instansi terkait termasuk masyarakat.

 

Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona mengatakan, dengan digelarnya rakor pada hari ini dapat melahirkan program dan agenda kegiatan yang dapat meningkatkan eksistensi dan peran Karang Taruna agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya generasi muda di Provinsi Lampung.

 

“Rakor Karang Taruna se-Provinsi Lampung ini, merupakan kegiatan yang strategis untuk melakukan evaluasi terhadap program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Karang Taruna Provinsi Lampung kedepannya, oleh karena itu, Rakor ini hendaknya dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kinerja Karang Taruna di Provinsi Lampung,” ujarnya di aula Randu Mas Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur, Rabu (31/8/2022).

 

Dirinya mengatakan, karang taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kreativitas generasi muda yang berkelanjutan, untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan membangun masyarakat melalui organisai pemuda. Baik dalam bidang sosial kemasyarakatan maupun kegiatan-kegiatan yang lain seperti kegiatan keagamaan, olah raga maupun ekonomi kretif.

 

“Saya berharap agar Karang Taruna mampu menjalankan tuntutan sosial di masyarakat, menjadi organisasi yang mandiri, dan mampu mempersatukan komponen bangsa khususnya generasi muda baik diinternal maupun eksternal Karang Taruna, serta masyarakat pada umumnya. Sehingga menjadi wahana yang kontributif dalam mencegah, mengendalikan, dan mengatasi masalah aktual bangsa,” ujar dia.

 

“Karang Taruna sebagai oranisasi yang dipercaya oleh negara untuk membantu pemerintah dalam masalah kepemudaan khususnya di bidang sosial, harus bisa menjadi pelaku aktif dalam pembangunan. Disinilah arti pentingnya karang taruna, yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan peningkatan kesejahteraan sosial, antara lain dengan memposisikan diri sebagai pelaksana pendampingan sosial yang dapat menjembatani program pemerintah dalam menggerakkan masyarakat dan potensi kesejahteraan sosial lainnya, khususnya kepada generasi muda,” katanya.

 

Sementara itu, Bupati Lampung Timur M. Dawam Raharjo mengatakan, saat ini karang taruna dituntut agar dapat memanfaatkan setiap peluang, dengan penuh rasa tanggungjawab dan secara terus menerus, mengembangkan prakarsa dan kwalitas, serta menjadi pendorong bagi kemajuan masyarakat.

 

“Sebagai organisasi sosial masyarakat, karang taruna saat ini menempati posisi yang cukup strategis, karena memiliki potensi dan mampu menanggulangi permasalahan sosial, serta ikut memacu jalannya pembangunan di daerahnya masing-masing,” ujarnya.

 

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur, saya ucapkan terimakasih serta apresiasi dan penghargaan, kepada seluruh peserta Rapat Koordinasi Karang Taruna yang hadir hari ini. Kehadiran Saudara sekalian mencerminkan tingginya komitmen, dengan melakukan koordinasi dalam melaksanakan program, untuk senantiasa berpartisipasi dan berkontribusi, dalam upaya percepatan pembangunan daerah,” kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.