Gubernur Arinal Djunaidi Tingkatkan Mutu Pendidikan Di Provinsi Lampung Melalui Program Kepala Sekolah Mengabdi

BANDARLAMPUNG(SB) – Tingkatkan mutu pendidikan Provinsi Lampung, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas 57 Kepala Sekolah Tingkat SMA dalam Program Kepala Sekolah Mengabdi Angkatan I, di Mahan Agung, Selasa (14/02/2023).

Gubernur menyatakan bahwa Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu organisasi karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinan dalam organisasi tersebut, begitu juga dengan Sekolah, dimana Kepala Sekolah sebagai Pemimpinnya.

Menurut Gubernur, Program Kepala Sekolah mengabdi merupakan bagian dari upaya untuk menularkan tata cara pengelolaan sekolah yang baik ke sekolah-sekolah yang lain di Kabupaten.

“Program Kepala Sekolah mengabdi merupakan suatu terobosan yang sangat baik, silahkan bapak, ibu semua mengimplementasikan pengalaman dalam hal Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Lakukan diskusi bersama dengan Kepala Sekolah dan guru-guru setempat. Bagaimana melakukan perencanaan program sekolah yang baik dimulai dari evaluasi diri sekolah tersebut,” ucap Gubernur.

Gubernur meminta agar para Kepala Sekolah yang terlibat dapat saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola satuan pendidikan, terutama dalam hal kemampuan manajerial, supervisi dan kewirausahaan.

Dengan dilaksanakannya Program Kepala Sekolah Mengabdi ini diharapkan sekolah akan lebih memahami program yang memfokuskan pada bidang pembelajaran di sekolah.

Secara luas program ini dapat diartikan sebagai usaha untuk meningkatkan mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Provinsi Lampung secara merata melalui pengiriman Kepala Sekolah untuk mengikuti kegiatan berupa pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk peningkatan kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial dari sekolah peserta ke sekolah tujuan.

“Saya berharap kepada seluruh Kepala Sekolah Mengabdi SMA Provinsi Lampung untuk dapat bekerja sebagai Kepala Sekolah yang humanis dengan menyampaikan ilmu yang sudah didapat selama puluhan tahun kepada peserta didik dan tenaga pendidik di sekolah tujuan Bapak Ibu,” harap Gubernur.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung beserta jajaran, yang terus melakukan terobosan dan inovasi di bidang pendidikan, sehingga mutu, dan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung dapat semakin meningkat,” tutup Gubernur

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulpakar dalam laporannya menyatakan bahwa ada 57 orang Kepala Sekolah yang telah dipilih secara khusus untuk mengikuti Program Kepala Sekolah Mengabdi, yaitu dari SMA Negeri Bandar Lampung 15 Kepala Sekolah, SMA Negeri Lampung Selatan 6 Kepala Sekolah, SMA Negeri Lampung Tengah 7 Kepala Sekolah, SMA Negeri Lampung Timur 5 Kepala Sekolah, SMA Negeri Lampung Utara 5 Kepala Sekolah, SMA Negeri Metro 5 Kepala Sekolah, SMA Negeri Pesawaran 3 Kepala Sekolah,
SMA Negeri Pringsewu 6 Kepala Sekolah, SMA Negeri Tanggamus 5 Kepala Sekolah, SMA Negeri Tulang Bawang 1 Kepala Sekolah, dan SMA Negeri Tulang Bawang Barat 2 Kepala Sekolah.

Adapun, 57 Kepala Sekolah tersebut akan di tempatkan di 4 Kabupaten, yakni 9 Kepala Sekolah di Kabupaten Pesisir Barat, 15 Kepala Sekolah di Kabupaten Lampung Barat, 24 Kepala Sekolah di Kabupaten Way Kanan, dan 9 Kepala Sekolah di Kabupaten Mesuji.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Program Kepala Sekolah mengabdi ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan, memberikan pengalaman yang baik dalam pengelolaan pendidikan bagi kepala sekolah dan guru, serta mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan di Provinsi Lampung. (

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.