Forum Anak Kabupaten Pesawaran Sampaikan Aspirasi di Musrenbang

PESAWARAN(SB) – Forum Anak Kabupaten Kabupaten Pesawaran (FORNASA) berhasil mengikutsertakan beberapa perwakilan Forum Anak Kecamatan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Pesawaran di 3 Kecamatan yaitu Tegineneng, Way lima dan Kedondong yang digelar secara Virtual, Senin 8/2.

Bukan sekedar hadir, Perwakilan Forum Anak Kecamatan kedondong Affan juga sukses menyampaikan usulan saat Musrenbang. Selain dihadiri Bupati dan Forkopimda, SKPD, camat, kepala Desa, Ketua BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Tokoh Pemuda, Musrenbang RKPD tersebut juga diikuti anggota DPRD Kabupaten Pesawaran daerah pemilihan masing-masing kecamatan.

“Alhamdulillah, Musrenbang RKPD berjalan dengan lancar dan memuaskan. Anak-anak sukses menyampaikan aspirasinya, walau pun hanya satu perwakilan Forum Anak Kecamatan yang sempat menyampaikan usulan secara lisan karena keterbatasan waktu. namun tetap diberi kebebasan untuk menyerahkan usulan tertulis,” jelas Bu Rakhmadia Agustin, S.sos.I.,MM Kabid Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pesawaran, Selasa 9 Februari 2021.

Septri Yuanda, S.Pd. salah satu Pembina Forum Anak menjelaskan, usulan-usulan Forum Anak tersebut, merupakan aspirasi dari seluruh anak-anak yang ada di tiap-tiap kecamatan dan Desa. Hal ini juga diamini oleh Ibu Any Siskawati, S.Si.,S.Pd. selaku Pembina Forum anak Kecamatan kedondong, beliau menambahkan berterimakasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pihak kecamatan dan Pemda Kabupaten Pesawaran yang sudah memberikan kesempatan kepada Forum anak untuk berpartisipasi dan menyampaikan usulan dalam Musrenbang RKPD tahun ini.

Di tempat terpisah Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) kabupaten Pesawaran ibu Binarti Bintang, S.Sos.,MM memberikan apresiasi kepada para pembina, fasilitator dan Pendamping Forum Anak kecamatan se kabupaten Pesawaran yang telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengaktifkan dan membina Forum anak.

Berikut rangkuman usulan Forum Anak Kecamatan yang disampaikan saat Musrenbang RKPD kemarin, usulan ruang bermain layak anak, kawasan tanpa asap rokok, perbaikan jalan menuju sekolah, pengadaan penerangan lampu jalan.

Kemudian, usulan diadakannya sekretariat forum anak di desa dan Kecamatan,sanggar kreativitas anak, zona aman sekolah, membentuk forum anak tingkat desa , renovasi sekolah dan penambahan fasilitas ramah anak.

Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, ST.,M.Tr.IP dalam musrenbang RKPD kemaren langsung menanggapi usulan dari Forum Anak dan akan menindak lanjuti kepada SKPD terkait, begitu juga Dendi Menghimbau kepada Para Kepala Desa agar dapat menanggarkan Dana Desa untuk kegiatan Forum Anak untuk mewujudkan Kabupaten Pesawaran, Kecamatan, dan Desa Layak Anak,” tutupnya. (Re/SB)

Related Posts

About The Author

Add Comment

1 views