Daerah  

Donor Darah, PTPN I Regional 7 Sumbang 90 Kantong

BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 90 Karyawan PTPN I Regional 7 mengikuti kegiatan donor darah di Kantor Regional 7 Rabu (10/1/24). Petugas dari PMI Kota Bandar Lampung melayani peserta yang berasal dari beberapa Kebun di wilayah Lampung.

Region Head PTPN I Regional 7 Denny Ramadhan ikut mendonorkan darahnya. Ia menyatakan terbiasa dan rutin mendonorkan darahnya setiap kali ada kegiatan charity yang digelar di tempat dia bertugas.

“Alhamdulillah saya terbiasa mengikuti kegiatan donor darah, terutama kalau diadakan di kantor. Ini bertepatan sedang berada di kantor, maka saya sempatkan,” kata Denny yang sebelumnya bertugas sebagai SEVP Operation di PTPN I Aceh ini.

Kegiatan donor darah di PTPN I Regional 7 merupakan agenda rutin tiga bulanan yang dikoordinir Bagian Sekretariat & Hukum. Selain Karyawan Kantor Regional 7, Panitia juga mengundang Karyawan dan batih (suami/istri dan anak) dari lima Kebun yakni Kebun Kedaton, Way Lima, Bergen, Way Berulu, dan Rejosari- Pematang Kiwah.

Menurut Denny, agenda donor ini perlu terus dilaksanakan secara rutin, bahkan untuk ditingkatkan jumlah pendonornya. Sebab, kata dia, donor darah adalah kegiatan kemanusiaan yang sarat dengan pesan moral dan spiritual tetapi tidak membutuhkan pengorbanan material. Sebaliknya, kata dia, donor darah justru memberi manfaat kesehatan bagi pendonor.

“Menurut saya kegiatan donor darah ini berbeda dengan kegiatan sosial lainnya seperti donasi dan sejenisnya. Ini punya pesan kemanusiaan yang tinggi dan secara kesehatan sangat baik. Medis menyatakan donor darah itu baik bagi kesehatan karena memberikan kesempatan sel darah merah akan beregenerasi ,” kata dia.

Lebih dari itu, Denny menyebut kegiatan donor darah adalah bagian dari Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Perusahaan. Sebab, kata dia, pihak PMI sangat terbantu dengan pengadaan stok darah yang akan dimanfaatkan oleh banyak orang yang sedang sakit.

“Kegiatan donor darah massal begini adalah bentuk dari TJSL. Bahkan, saya bisa sebut TJSL sejati yang datang dari individu Karyawan. Kita boleh menyebut TJSL karena yang mengorganisasikannya adalah Perusahaan. Di satu sisi para pendonor memperoleh manfaat, dan di sisi lain citra positif perusahaan semakin kuat” tambah dia.

 

Selain di Kantor Regional 7 kegiatan ini juga menjadi agenda rutin tiga bulanan Kebun dan Pabrik di Regional 7 yang tersebar di Provinsi Lampung, Sumsel, dan Bengkulu. Mereka masing-masing bekerja sama dengan PMI setempat.

“Kami mengapresiasi partisipasi Karyawan PTPN VII dalam kegiatan donor darah ini. Ini pasti sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan transfusi darah. Saya mengimbau agar jumlah pendonor makin banyak,” tutup Denny.

 

Sementara itu, dokter Dian Ayu dari PMI Kota Bandar Lampung yang memimpin tim medis pada agenda donor darah itu menyatakan terima kasihnya kepada PTPN I Regional 7. Ia mengatakan, PTPN I Regional 7 adalah salah satu institusi yang paling rutin dan berkomitmen menggelar donor darah massal.

“Kami sangat mengapresiasi PTPN I Regional 7 yang selama ini paling rutin menggelar donor darah bersama. Jumlah pesertanya juga cukup banyak. Bahkan, waktu Covid masih berlangsung tetapi sudah mulai reda, PTPN VII yang mulai duluan. Saat itu stok darah di PMI sangat kritis karena pandemi,” kata dia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.