Daerah  

Disperindag Kabupaten Pesawaran Tera Ulang Timbangan Di Pasar Tegineneng

PESAWARAN(SB) – Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pesawaran melalui Bidang Kemetrologian didampingi Kasubag TU UPTD Pasar Tegineneng menera ulang puluhan timbangan di pasar tegineneng untuk memastikan akurasi alat timbang atau alat ukur.

Kabid Kemetrologian Disperindag Kabupaten Pesawaran, Made Thomas Kesuma Dinata mengatakan 24 unit alat ukur takar timbangan dan perlengkapan (UTTP) telah diuji tera dan masih akan terus bertambah seiring masih adanya sejumlah pasar yang akan dilakukan sidak, Adapun lokasi pasar yang telah dilaksanakan tera ulang adalah Pasar Tegineneng, Kamis(27/06/2024).

“Kita masih akan terus melakukan tera ulang sehingga jumlahnya akan bertambah,” kata  Made Thomas Kesuma Dinata.

Ia menuturkan sejauh ini tim yang turun disambut baik oleh para pedagang dan mengikuti prosedur dengan kooperatif. Saat ditemukan timbangan-timbangan yang kurang tepat, petugas pun langsung membenarkan sesuai dengan standar dan ketentuannya.

Kegiatan tera ulang ini memang diatur dalam perundang-undangan dan kegiatan tera ulang ini wajib dilakukan oleh pedagang. Karena tera ulang ini untuk memastikan akurasi dari alat timbang atau alat ukur.

“Alat timbang dalam penggunaannya harus diuji, apakah sesuai dengan standar dan tidak mengalami kerusakan, harus dikalibrasi lagi. Menjaga keamanan dan kenyamanan beraktivitas berbelanja, hal ini yang kita jaga untuk tidak terjadi kecurangan, ada satu unit timbangan yang batal akibat kurang pemeliharaan

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan Tera ulang ini tidak dipungut biaya

“Pelayanan tera ulang tidak dipungut biaya
Sebagai bentuk pelayanan Pasar”, katanya. (Re)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.