Bayana Hadiri Musrenbang di Lambu Kibang

TUBABA(SB)- Pemerintah Kecamatan Lambu Kibang menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula Taman Edukasi dan Ekowisata Tiyuh Gunung Sari, Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA). Kamis (3/2/2022).

Musrenbang tersebut mengusung tema “Peningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemulihan Ekonomi Daerah”.

Dalam sambutannya, Bupati Tubaba diwakili Asisten 1 Pemkab Tubaba, menginstruksikan kepada Pemerintah Kecamatan dan Tiyuh untuk selalu melakukan komunikasi dengan anggota DPRD Dapil, sebagai satu langkah untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten mengharapkan pembangunan diusung dengan skala prioritas. Mengingat di tahun ini tidak ada pembangunan fasilitas transportasi, kami sangat menyarankan untuk pemerintah Kecamatan dan Tiyuh selalu membangun Komunikasi yang baik antara Pemerintah Kecamatan dan Tiyuh dengan harapan dapat membantu kebutuhan masyarakat” ucap Bayana Asisten I Pemkab Tubaba.

Sementara itu, Camat Lambu Kibang Muhammad Cheri Sopian, SH,.MH menyampaikan bahwa, kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan adalah kegiatan rutinitas tahunan dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2023 yang merupakan tindaklanjuti dari Musrenbang tingkat tiyuh dan Pra Musrenbang sesuai amanat UU no 25 tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Saya berharap, dengan adanya forum diskusi ini mampu membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tiyuh yg menjadi skala prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Lambu Kibang. Tentu akan di selaraskan dengan prioritas program Bupati sebagaimana tertuang dalam Indikator kinerja utama Bupati saat Musrenbang Kabupaten nanti,” ungkap Camat Lambu Kibang Muhammad Cheri Sopian.

Selanjutnya, Camat Lambu Kibang mengapresiasi seluruh kepalo tiyuh, meskipun ditengah kesibukan dan fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 kepalo tiyuh masih menjalankan tugas untuk menyusun prioritas program usulan dari masyarakat. Dinamika dan proses itu hal biasa, kita menyadari jalur teknokratis dan politis itu sangat mendominasi dalam rangka realisasi usulan rencana program.

Ia menambahkan, kita jangan berkecil hati, mari kita rubah mindset untuk tetap semangat dan terus menggali apa saja potensi tiyuh yang bisa kita kembangkan dalam rangka peningkatan anggaran pendapatan tiyuh. Tentu ini tidak mudah dan menjadi tantangan kita bersama, mari kita terus berinovasi salah satu potensi tiyuh yang bisa dikembangkan adalah sektor pariwisata mengingat Lambu Kibang banyak pusat destinasi yang bisa kita kembangkan.

“Saya mewakili seluruh masyarkat Lambu Kibang mengucapkan terima kasih yang setinggi tingginya kepada bapak Bupati Tubaba atas pembangunan dan perhatian beliau kepada Kecamatan Lambu Kibang khususnya disektor infrastuktur dan prasarana, mengingat Kec. Lambu Kibang merupakan parameter roda pembangunan diwilayah Utara Kabupaten Tubaba.” pungkasnya.

Musrenbang Kecamatan Lambu Kibang dihadiri oleh, Bupati Tubaba diwakili oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Dra. Bayana, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Tubaba, Pejabat Administrator dan Pengawas dilingkup Pemerintah Kab. Tubaba, anggota DPRD Dapil 2 Kab. Tubaba, Forkopincam, Kapolsek, Danramil, Kepala UPT Dinas Pendidikan dan Puskesmas, Kepalo tiyuh se-Kecamatan Lambu Kibang, Ketua BPT se-Kec.Lambu Kibang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Ketua PKK Kecamatan dan Tiyuh se-Kec. Lambu Kibang. (red)

Related Posts

About The Author

Add Comment

6 views