Adipati Resmikan Way Kanan EYE Center

WAY KANAN, SB – Bupati Way kanan Raden Adipati Surya Meresmikan Way Kanan EYE CENTER dan Operasional Unit Dialisis (HEMODIALISA) serta Unit Tranfusi Darah di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam Way Kanan, Kamis (27/06/2019).

Bupati Way Kanan dalam sambutanya sangat bersyukur dengan hadir pelayanan WAY KANAN EYE CENTRE dan operasional Unit Dialisis (HEMODIALISA) serta Unit Tranfusi Darah di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Zainal Abidin Pagar Alam ini dapat membantu dan meringankan beban masyarakat serta ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Way Kanan menuju Way Kanan Berdaya Saing 2021.

Bupati juga menyampaikan penyakit mata adalah penyakit yg berbahaya dan dapat mengakibatkan gangguan penglihatan pada manusia antara lain kebutaan dan perlu penanganan cepat, oleh karena itu penderinta katarak perlu mendapatkan penanganan dan pengobatan secara paripurna.

Sedangkan Untuk pasien dengan fungsi ginjal yang lemah atau menurun memerlukan yang namanya cuci darah (Hemodialisa) untuk membuang racun yang ada di dalam tubuhnya, dimana pasien yang mengalami gagal ginjal lemah perlu melakukan cuci darah 2-3 hari per minggu, setiap kali cuci darah butuh waktu rata-rata 4 jam, yang tadinya cuci darah hanya dapat dilaksanakan di rumah sakit di luar Way Kanan, saat ini bisa kita laksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagaralam.

” Dan Untuk Masyarakat yang memerlukan tambahan (tranfusi) darah kita buka layanan Unit Tranfusi Darah (UTD) yang tadinya setiap kali kita melakukan donor darah yang mana darahnya dibawa dan diolah di luar Way Kanan, saat ini pengolahan darah sudah bisa kita laksanakan di Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Anang Resgianto menambahkan alhamdulilah sekarang operasi katarak dengan teknik Vacoemolsifikasi yang tadinya dilakukan diluar Way Kanan hari ini bisa dilakukan di Kabupaten Way Kanan, yang sebelumnya membutuhkan waktu satu sampai dengan dua jam sekarang cukup 10 sampat 20 menit saja.

Dan di lanjutkan dengan pemukulan Gong sebagai tanda telah di resmikannya WAY KANAN EYE CENTER dan Operasional Unit Dialisis (HEMODIALISA) serta Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagaralam.

Tampak hadir dalam kegiatan tsb Forkopimda, Kepala Badan , Kepala Dinas, Inspektur Kabupaten Way Kanan, RSUD ZAPA, dan 50 Peserta Operasi Katarak.(DADANG/MS)

Related Posts

About The Author

Add Comment

25 views